10 Aneka Jenis Abon Yang Populer Di Indonesia

0
392

Salah satu jenis makanan khas dari Indonesia adalah abon. Hampir semua orang suka dengan abon. Abon merupakan jenis makanan yang diolah dari berbagai macam bahan makanan misalnya pada daging ayam, ikan atau udang. Yang kemudian diolah menjadi jenis makanan kering. Ada banyak jenis abon di Indonesia, yang menjadi favorit banyak orang.

Bukan hanya rasanya yang enak, tapi makanan ini juga termasuk jenis makanan yang tahan lama. Sehingga bisa dikonsumsi kapan saja dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang. Abon ini memiliki bentuk yang sangat khas, yaitu berupa serat daging dari berbagai bahan baku. Namun ada banyak jenis-jenis abon lainnya, yang tidak hanya dibuat dari bahan baku daging saja.

Aneka Jenis Abon

1. Abon kambing

Salah satu jenis abon yang enak yang bisa anda olah adalah abon kambing. Makanan ini dibuat dari olahan daging kambing. Jika diolah dengan cara yang higienis dan tanpa bahan pengawet, abon ini bermanfaat untuk pertumbuhan dan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Dalam membuat abon kambing, sebaiknya dagingnya dikukus terlebih dahulu.

2. Abon Sapi

Sesuai dengan namanya abon ini terbuat dari bahan olahan daging, yaitu daging sapi. Untuk abon sapi, bahan bakunya bisa disesuaikan dengan selera anda. Abon jenis ini merupakan makanan yang diolah dari bahan baku daging sapi, yang dibumbui dan diolah dengan cara modern. Makanan ini dibuat dengan mengolah daging, tanpa harus kekurangan nilai proteinnya.

3. Abon jamur tiram

Abon jamur tiram termasuk jenis abon yang murah, yang juga cocok untuk anda yang vegetarian. Makanan ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, dan mencegah jenis penyakit lainnya. Keunggulan dari abon jamur tiram ini adalah bahan bakunya cukup murah, dan cara pengolahannya pun tidak terlalu sulit.

4. Abon ebi

Pada beberapa jenis jenis abon di Indonesia, abon ebi ini merupakan abon yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Abon ebi juga dapat dikreasikan menjadi beragam menu yang istimewa, seperti misalnya abon ebi gulung atau abon ebi yang dibungkus dengan kulit pangsit kemudian digulung dan direkatkan dengan putih telur. Setelah itu digoreng sampai matang.

5. Abon cabai

Ingin menikmati sensasi abon yang rasanya pedas dan segar? Anda bisa mencoba abon cabai. Varian abon yang satu ini dibuat dengan cara mengeringkan cabai yang sudah dibumbui. Atau bisa juga dikombinasikan lagi dengan bahan lainnya, misalnya menjadi abon cabai ebi, abon cabai merah teri, abon cabai hijau teri dan lain sebagainya.

6. Abon lengkuas

Makanan olahan abon ini mungkin terdengar aneh, karena abon ini dibuat dari bahan dasar lengkuas. Abon lengkuas ini pembuatannya bisa dicampur dengan daging sapi, itulah yang membuat rasanya menjadi sangat khas karena bahan lengkuas dapat bercampur dengan rasa daging. Supaya seratnya halus, lengkuas tersebut bisa dimemarkan sebelum mulai dicabik-cabik.

7. Abon jantung pisang

Jantung pisang juga ternyata bisa menjadi bahan olahan abon, walaupun jika dilihat dari segi rasa dan bentuk tentu tidak jauh berbeda dengan abon daging pada umumnya. Namun cara pengolahannya bisa ditambahkan dengan kaldu daging, untuk menambah rasa gurih pada makanan olahan tersebut.

Bahan baku jantung pisang ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena di dalamnya terdapat beberapa kandungan seperti vitamin, zat besi, kalsium, protein dan lain sebagainya.

8. Abon ikan tuna

Jika anda senang dengan abon ikan dan ingin mencoba beragam varian ikannya, maka anda bisa mencoba abon ikan tuna. Yang kemudian diberi bumbu, dan diolah kembali dengan cara perebusan, penyeratan, dan penggorengan. Kandungan nilai gizinya juga cukup tinggi, ditambah dengan rasa ikannya yang khas dan sangat lezat menjadikan makanan ini lebih sempurna.

9. Abon ikan tongkol

Masih ada lagi pilihan untuk jenis abon ikan yang bisa anda olah sendiri. Yaitu abon ikan tongkol. Ikan tongkol memiliki rasa gurih yang khas, dan rasanya sangat enak serta menyehatkan. Tak heran jika banyak pelaku bisnis kuliner, yang menciptakan abon ikan dengan rasa ikan tongkol ini sebagai pilihan sajian yang menarik dan berbeda dari biasanya.

Cara pengolahan abon ini bisa dimulai dengan mengukus ikan tongkolnya dahulu. Setelah dikukus, sebaiknya buang durinya agar mudah ketika diolah kembali.

10. Abon ikan gabus

Dari banyaknya macam-macam abon ikan yang bisa diolah, pilihan lainnya yaitu abon ikan gabus. Keunggulan dari jenis abon ikan ini adalah bentuk dan teksturnya yang lembut, enak, memiliki bau yang khas, dan memiliki ketahanan yang relatif lama.

Untuk tahapan dalam proses pembuatan abon ikan gabus ini, sebenarnya hampir sama dengan cara pengolahan pada jenis-jenis abon lainnya. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, sebaiknya anda mengukus daging ikan gabus terlebih dahulu sebelum mulai diolah.