9 Jenis Gula untuk Diabetes yang Pasti Aman untuk Dikonsumsi

0
268

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang banyak diderita masyarakat. Penyakit ini ditandai oleh tingginya kadar gula dalam darah. Seorang penderita diabetes harus menjaga pola makannya agar penyakit ini tidak bertambah parah. Terlebih untuk asupan gula. Oleh karena itu, ada jenis-jenis gula untuk diabetes yang cocok untuk dikonsumsi.

Gula untuk Penderita Diabetes

Hal yang penting untuk penderita diabetes adalah mengkonsumsi gula yang kandungan kalorinya rendah. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengkonsumsi gula khusus diabetes. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi gula untuk para penderita diabetes yang dapat dijadikan pilihan.

1. Stevia

Jenis gula untuk orang diabetes yang pertama adalah Stevia. Gula ini terbilang masih baru yang mulai banyak digunakan untuk pengganti gula. Gula jenis ini didapatkan dari bahan utama berupa ekstrak tanaman stevia. Tanaman ini banyak dibudidayakan di kawasan negara tropis dan subtropis. Termasuk di negara Indonesia.

Pemanis merk Stevia ini sangat baik untuk dijadikan pengganti gula karena ia bebas dari kandungan gula dan kalori.

2. Sakarin

Selain Stevia, ada juga gula buat diabetes berikutnya yang tidak kalah baik untuk dicoba. Yaitu sakarin yang sudah dirilis sejak lama. Akan tetapi, penggunaan sakarin harus benar-benar diperhatikan agar tidak kelebihan. Karena konsumsi yang berlebihan terhadap jenis pemanis buatan ini bisa memicu tingginya berat badan.

Ciri khas dari sakarin sebagai pengganti gula adalah manisnya yang berlipat-lipat lebih manis dibandingkan dengan gula yang biasa.

3. Erythritol

Selain sakarin, ada juga jenis pengganti gula selanjutnya yang dikenal dengan Erythritol. Namun, ini tergolong jenis gula alkohol. Namun, kandungan kalori yang ada pada jenis pemanis buatan ini terbilang lebih rendah apabila dibandingkan dengan gula pasir. Kandungan kalori pada jenis gula ini adalah 6%.

Keunggulan dari pengganti gula yang satu ini adalah ia terbilang aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Namun, sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan karena bisa berdampak tidak baik.

4. Aspartam

Adapun jenis gula untuk kencing manis yang selanjutnya adalah aspartam. Pemanis ini cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki kandungan kalori yang rendah serta bebas gula. Namun, pengganti gula jenis ini menawarkan rasa yang beberapa kali lebih manis dari gula yang biasa.

Sebagai saran, jangan mengkonsumsi aspartam ini secara berlebihan. Takaran yang ideal untuk penggunaan gula ini adalah 2,5 gram untuk berat badan 50 kg.

5. Sukralosa

Berikutnya adalah sukralosa yang tergolong jenis gula anti diabetes. Rasa dari pemanis buatan ini memang jauh lebih manis apabila dibandingkan dengan gula yang biasa. Meski demikian, kandungannya yang nantinya diserap oleh tubuh juga sangat sedikit. Selain itu, jumlah kalori dari pemanis buatan ini terbilang rendah.

Anda pun dapat membeli pemanis buatan ini dengan mudah karena sudah banyak beredar di Indonesia.

6. Xylitol

Berikutnya adalah gula Xylitol yang memiliki kandungan kalori 40% lebih rendah apabila dibandingkan dengan jenis gula pasir. Gula ini tidak memiliki kandungan fruktosa. Sehingga, ia tidak menyebabkan meningkatnya kadar gula darah.

Selain dapat menstabilkan gula darah, jenis pengganti gula ini juga dapat meningkatkan produksi kalsium tubuh dan mencegah gigi berlubang.

7. Asesulfam Kalium

Selain beberapa jenis pemanis buatan di atas, ada juga rekomendasi pengganti gula diabetasol yang cocok dijadikan pilihan. Pemanis ini banyak digunakan di Indonesia, khususnya untuk dimasukkan ke dalam makanan dan juga minuman. Namun, untuk setiap harinya, jangan mengkonsumsi jenis pemanis buatan ini dengan kadar melebihi 740 mg.

8. Gula Aren

Tidak hanya itu, ada juga gula aren untuk penderita diabetes. Gula ini memiliki berbagai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis gula yang lain. Di antaranya adalah memiliki rasa manis yang lebih lezat, selain itu kandungan gulanya juga lebih kecil apabila dengan gula pasir. Sehingga, produk ini aman dipakai untuk penderita diabetes.

Selain itu, gula aren untuk diabetes ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih parah dan indeks glikemik rendah.

9. Gula Tropicana Slim

Selanjutnya ada gula Tropicana Slim untuk diabetes yang bisa dijadikan pilihan. Gula ini merupakan solusi mudah untuk para penderita diabetes karena dirancang secara khusus dengan kandungan gula yang rendah. Selain penderita diabetes, gula ini juga cocok untuk digunakan diet.

Tropicana Slim ini biasa digunakan untuk aneka jenis makanan dan minuman. Namun, terjamin aman untuk para penderita diabetes.

Selain beberapa jenis gula di atas, ada juga gula batu untuk diabetes yang dapat dijadikan pilihan. Pada intinya, seorang penderita diabetes tidak boleh meninggalkan gula karena hal itu bisa menyebabkan seseorang menjadi drop. Langkah tepatnya adalah dengan menggunakan jenis gula rendah kalori yang terbaik. Selain menstabilkan kadar gula darah, itu juga akan meningkatkan kesehatan Anda.