Berbagai Jenis Susu Berdasarkan Kegunaannya

0
89

Ketika anda menentukan beberapa jenis susu yang anda gunakan, maka ada baiknya jika anda memikirkan terlebih dahulu kegunaan dari susu tersebut. Setiap susu akan memberikan efek atau manfaat tersendiri, sehingga penting untuk anda tidak mengkonsumsi susu yang tidak sesuai dengan kegunaannya, mengenal beberapa jenis susu tersebut akan membantu anda untuk mengoptimalkan penggunaan susu.

Manfaat susu sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kualitas hidup, terutama dalam meningkatkan kalsium pada tulang. Ada baiknya jika anda mengkonsumsi susu secara rutin di setiap harinya, sehingga kualitas dari tulang anda akan selalu terjaga, ketika asupan dari kalsium selalu terjaga maka petumbuhan sel baru juga akan dengan mudah didapatkan, untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Susu Dengan Manfaat Khusus

1. Susu bayi

Jenis susu yang paling utama untuk anda ketahui adalah susu bayi, dimana susu ini akan sangat penting untuk dikonsumsi, ketika anak anda memasuki usia satu tahun keatas. Mengkonsumsi susu bayi pada usia satu tahun keatas, akan memberikan anak anda kualitas kalsium yang cukup baik untuk anak anda, terutama ketika anak anda masih dalam usia pertumbuhan dalam usia minimal 1 tahun.

Sangat disarankan untuk tidak memberikan susu formula pada bayi, sebelum usia anak anda menginjak satu tahun atau 8 bulan. Hal ini karena sebelum usia tersebut bayi akan membutuhkan banyak asupan ASI, dengan demikian kualitas dari susu ASI yang dihasilkan akan jauh lebih sempurna ketimbang susu formula, hal ini mempengaruhi standar untuk memberikan susu formula minimal 8 bulan keatas.

2. Susu lansia

Ketika usia sudah lanjut sering kali beberapa orang, akan membutuhkan asupan zat kalsium yang lebih banyak dibandingkan pada usia muda. Beberapa hal yang mempengaruhi hal ini adalah perubahan yang terjadi, pada kualitas tulang lansia yang berbeda pada kualitas tulang pada umumnya, disaat pengkeroposan tulang akan semakin meningkat frekuensinya.

Susu lansia telah diformulasikan dengan sedemikian rupa, sehingga beberapa orang yang mengkonsumsinya dapat dengan mudah meningkatkan kalsium pada tulang. Akan tetapi susu ini tidak akan baik untuk dikonsumsi oleh anda, yang saat ini masih berusia muda karena akan memberikan efek yang buruk, berhubung usia anda belum memasuki usia lanjut yang membutuhkannya.

3. Susu kental manis

Sebagai salah satu susu yang paling banyak digunakan, terutama bagi masyarakat Indonesia itu sendiri yang banyak menyukai beraneka ragam makanan manis. yang juga merupakan susu yang berkarakteristik sangat kental, sehingga membutuhkan tambahan air yang lebih panas atau dingin untuk menyeduhnya, terutama dengan rasanya yang sangat manis akan membutuhkan kapasitas air yang sesuai.

Pada beberapa masakan di Indonesia susu ini akan sangat sering dijumpai, salah satunya adalah pada hidangan menu martabak. Pada menu ini membutuhkan banyak sekali jumlah susu kental manis, yang berguna untuk menambah cita rasa masakan dengan rasa manis dari susu yang sedikit kental, maka dari itu susu ini lebih sering digunakan sebagai salah satu susu untuk menghidangkan beberapa makanan.

4. Susu full cream

Susu yang satu ini akan berbeda pada susu umumnya, dimana beberapa orang akan menggunakan susu ini untuk rasa yang lebih creamy. Susu full cream merupakan salah satu susu yang baru saja diinovasikan oleh beberapa produsen susu, yang ingin memberikan ragam terbaru dari susu yang berguna untuk meningkatkan rasa, ketika banyak orang yang meminumnya.

Pada susu ini memiliki beberapa kandungan yang membuat susunya terasa lebih creamy, bahkan aromanya juga akan berbeda dengan beberapa jenis susu pada umumnya. Hal ini dapat dirasakan ketika anda meminumnya, akan tetapi kandungan lemak pada susu ini akan lebih banyak dibandingkan susu lainnya, sangat tidak cocok dikonsumsi bagi anda yang saat ini sedang berdiet.

5. Susu low fat

Berbeda dengan susu full cream, susu yang satu ini memiliki kadar lemak yang lebih kecil, bahkan kadar lemak jahatnya sudah diinovasikan dengan sedemikian rupa agar tidak berbahaya. Susu ini sangat cocok dikonsumsi oleh anda, yang saat ini sedang menjalani proses diet yang juga membutuhkan asupan kalsium dari susu, dimana lemaknya juga tidak akan membahayakan berat badan.

6. Susu balita

Ketika anak sudah menginjak usia untuk tumbuh kembangnya, maka ada baiknya jika anda memberikan susu yang baik untuk menumbuhkan kualitas hidupnya. Ada beberapa efek baik dari pemberian susu pada usia balita, dimana hal ini akan memberikan tingkat kerja otak yang lebih bagus dari sebelumnya, sehingga kemampuan belajar anak anda dapat menjadi lebih optimal dari yang sebelumnya.

Berbagai jenis susu diatas dapat anda jadikan sebagai pengetahuan dasar, ketika memilih produk susu sesuai dengan fungsi atau kegunaanya. Sehingga nantinya anda akan mendapatkan hasil yang terbaik, dari produk susu yang tepat sesuai dengan anjuran konsumsinya, terutama jika dinilai berdasarkan kategori umur, setiap usia akan membutuhkan beberapa jenis dari susu yang berbeda.