Cara Menyimpan Beras

0
28

Sebagai ibu rumah tangga, pasti sangat geram jika menemukan beras mengundang adanya kutu. Kalau tidak diimbangi dengan cara menyimpan beras yang benar bisa berakibat fatal. Salah satunya ialah mengakibatkan kandungan nutrisi di dalam beras akan menurun. Pasti tidak mau kan kalau nasi yang di konsumsi keluarga sehari-hari ternyata memiliki kandungan nutrisi yang kurang

Kan sayang kalau beras yang sudah dibeli malah memiliki kutu dan tidak jarang juga yang berbau apek karena kurangnya pengetahuan penyimpanan beras yang tepat. Nah, sebagai ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk keluarganya termasuk memberikan hidangan yang lezat bukan? Berikut tips yang bisa Anda terapkan

4 Cara Menyimpan Beras Yang Perlu Anda Tahu

1. Pastikan Beras Disimpan dalam Kondisi Kering

Sebelum meletakkan beras di dalam wadah penyimpanan, Anda harus memastikan bahwa beras tersebut dalam keadaan kering. Jika Anda menempatkan beras yang masih dalam keadaan lembab atau basah, segar paparkan di bawah sinar matahari hingga konsisinyakering. Kondisi beras yang kering akan menjauhkan beras dari gangguan kutu.

2. Simpan Beras Dengan Jumlah yang Tidak Berlebihan

Hindari menyimpan beras dalam jumlah yang banyak. Jumlah yang terlampau banyak hanya akan memicu datangnya kutu beras. Kutu akan menurunkan kualitas beras dan juga nutrisi di dalamnya. warnanya juga akan menjadi kusam dan berbau apek.

3. Membersihkan Wadah Beras Secara Rutin

Cara menyimpan beras yang satu ini masih kurang diperhatikan. Padahal, sangat penting untuk senantiasa menjaga kualitas beras. Membersihkan wadah beras dengan rutin akan menjaga kualitas beras tetap bagus dan tidak menimbulkan kutu.

4. Menjaga Suhu Wadah Penyimpanan Tetap Normal

Suhu merupakan salah satu hal yang sangat krusial dalam penyimpanan beras. Anda perlu menempatkan beras dengan kondisi suhu yang normal. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab.

 

Menyimpan beras dalam kelembbapan yang ekstrak akan membuat kutu berkembang biak dengan cepat. Cek secara rutin dan paparkan beras ke sinar matahari jika Anda merasa beras sudah mulai lembab.

 

Jadikan beras di rumah Anda tetap memiliki kualitas bagus selama penyimpanan. Akan tetapi, menyimpannya saja tidak cukup karena Anda harus cerdas memilih beras dengan kualitas yang baik pula.