Cara Menyimpan Daging

0
26

Memiliki sisa daging yang belum diolah tapi bingung bagaimana cara menyimpannya? Hal tersebut memang kerap jadi problem tersendiri. Apalagi pada saat Idul Adha, dimana stok daging kurban pasti sangat banyak. Dan tidak mungkin diolah sekaligus. Kalau ada lemari es mungkin tidak masalah, tapi bagaimana kalau tidak punya? Cara menyimpan daging di bawah ini bisa jadi solusinya.

Cara Menyimpan Daging yang Baik

Cara menyimpan daging di freezer memang bisa menjadi alternatif terbaik, supaya daging bisa lebih awet. Tapi masalahnya adalah, tidak semua orang memilikinya. Oleh sebab itu, disini akan di ulas mengenai cara menyimpan daging tanpa kulkas.

  • Dikeringkan

Metode ini banyak dilakukan oleh orang yang tinggal di negara 4 musim supaya tetap memiliki makanan saat winter tiba. Dan umumnya yang dikeringkan adalah daging sapi. Untuk mengeringkan daging, Anda bisa memanfaatkan dehidrator listrik. Kalau tidak punya, maka bisa dikeringkan secara manual dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

  • Smoking

Cara menyimpan daging agar awet lainnya adalah dengan diasapi. Dan seperti yang mungkin telah Anda ketahui, kalau daging asap ini akan memiliki tekstur lebih empuk. Selain itu rasa dan aromanya juga sangat enak. Selain sapi, dan kambing, daging ayam juga bisa diakali dengan metode ini.

  • Direbus

Supaya daging lebih awet dan tidak berbau, Anda bisa merebus daging. Caranya mudah saja, daging yang sudah direbus tinggal disisihkan. Kemudian tinggal diolah sesuai keinginan. Cara ini sangat cocok sekali diterapkan pada daging yang akan digunakan untuk mpasi. Di samping itu, pastikan daging yang belum direbus dicuci sampai bersih.

  • Diasinkan

Teknik pengasinan merupakan salah satu cara menyimpan daging tidak bau. Selain itu juga lebih tahan lama apabila dibandingkan dengan memasukkan daging di kulkas.  Jadi, sangat worth it untuk dicoba.

Beberapa cara menyimpan daging yang dibahas di atas bisa menjadi options terbaik. Khususnya untuk Anda yang tidak mempunyai lemari pendingin. Meskipun untuk melakukannya membutuhkan sedikit usaha, karena dilakukan secara manual. Tapi hasilnya juga sebanding, karena proses pengawetan tersebut bisa membuat daging tahan selama berbulan-bulan.