Cara Pengolahan Lada Putih yang Baik dan Benar

0
75

Lada  yang merupakan tanaman komoditas ekspor Indonesia ini sering digunakan untuk keperluan dapur ibu rumah tangga. Lada yang memiliki sebutan The King of Spice  ini juga sangat diminati oleh masyarakat dunia. Salah satu jenis lada yang populer digunakan adalah jenis lada putih. Lalu, seperti apa cara pengolahan lada putih yang baik dan benar?

Tahapan Cara Pengolahan Lada Putih

Mengetahui cara pengolahan lada putih menjadi hal penting yang harus diketahui. Hal ini bertujuan agar rasa dan kemurnian lada putih tersebut bisa terjaga sehingga masih sangat berkualitas ketika sudah diolah menjadi berbagai macam menu masakkan.

  1. Panen dengan Cara Perontokan

Lada yang sudah siap dipanen mempunyai ciri satu/dua bijinya menjadi berwarna kemerahan. Proses ini dilakukan secara higienis bahkan lada yang jatuh ke tanah juga dipisahkan. Buah lada harus dipetik sesering mungkin untuk menjadikannya seragam. Setelah itu buah lada dirontokkan agar terlepas dari tangkainya baik secara manual atau menggunakan mesin.

  1. Perendaman

Setelah lada dirontokkan proses selanjutnya adalah perendaman dalam air mengalir yang harus terendam sepenuhnya. Untuk perendaman pada air tidak mengalir layaknya mengganti air dua hari sekali. Proses perendaman buah lada dilakukan 10-14 hari dan akan lebih cepat jika proses pengupasan oleh mesin dengan waktu 5-7 hari saja.

  1. Pencucian dan Pengupasan

Pengupasan menggunakan mesin akan memakan waktu yang lebih singkat ketimbang secara tradisional. Dalam proses ini  pastikan biji lada tidak rusak dan harus dicuci dengan air bersih sebelum pengeringan.

  1. Pengeringan

Untuk mendapatkan warna yang bagus sebaiknya pengeringan dilakukan dengan sinar matahari langsung (sun drying). Untuk penggunaan mesin pengering harus dengan temperatur dibawah 60 °Cabe merah demi minyak atsiri tetap terjaga dan dikeringkan hingga kadar air dibawah 12%. Sedangkan pengeringan dengan bahan bakar padat yang terpenting adalah tidak ada kontaminasi asap.

  1. Sortasi dan Pengemasan

Setelah pengeringan selesai biji lada putih dipilih berdasarkan kebutuhan pasar. Memisahkan kotoran, kulit ataupun benda asing lainnya untuk kualitas yang terbaik. Dikemas menggunakan kantong yang bersih dan cocok saat proses pengangkutan.

  1. Penyimpanan

Simpan ditempat bersih, kering dan cukup ventilasi udaranya. Bebas dari hama tikus ataupun serangga serta jauhkan dari bahan kimia.

Kesimpulan

Cara pengolahan lada putih yang baik dan benar merupakan hal yang penting untuk dipahami. Pasalnya, hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan kemurnian lada putih agar nilai jualnya tetap terjaga.

.