Ciri-ciri Jenis Tisu yang Aman untuk Makanan

0
87

Tisu menjadi barang penting dan sering digunakan oleh semua orang. Hampir setiap kegiatan semua orang memerlukan tisu. Banyak jenis tisu yang beredar dipasaran seperti tisu toilet, tisu basah, tisu wajah, dan juga tisu makan. Namun, apakah tisu yang digunakan merupakan tisu yang aman? apalagi jika digunakan dalam makanan. Lalu, bagaimana cara memilih tisu yang aman untuk makanan?

5 Ciri-ciri Tisu yang Aman untuk Makanan

Walaupun terdengar seperti hal yang sangat sepele, namun tisu yang aman memang sangat dibutuhkan untuk aktivitas makan. Pasalnya, jika tisu yang digunakan merupakan jenis tisu yang buruk dan mengandung banyak bahan kimia, bukan tidak mungkin bahan kimia tersebut justru masuk ke dalam tubuh dan membahayakan kesehatan.

  1. Periksa Izin dari Departemen Kesehatan RI (Depkes RI)

Pastikan bahwa tisu yang digunakan telah memiliki izin edar dari Depkes RI. Hindari membeli tisu yang belum mendapatkan izin dari Depkes RI sebagai syarat utama kelayakan dan keamanan tisu yang memang sudah diuji dan dapat dipertanggung jawabkan.

  1. Baca Informasi Bahan Pembuatannya

Jangan salah meski hanya sebuah tisu namun jenis tisu makan dengan kualitas baik selalu mencantumkan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya. Tisu makan yang aman terbuat dari 100% serat alami tidak ada logam berat, klorin, dan non BPA (Bisphenol-A) yang merupakan jenis tisu daur ulang dan dapat memicu masalah kesehatan.

  1. Pastikan Menggunakan Tisu Khusus Makanan

Tisu makan memang terbilang lebih mahal dibandingkan jenis tisu lainnya di pasaran karena memang kegunaanya yang amat penting. Namun, jenis tisu ini yang paling dianjurkan untuk keperluan makan. Jangan menggunakan jenis tisu lain yang berpotensi mengandung banyak bahan kimia.

  1. Sertifikat yang Dibawa

Sudah banyak tisu yang dilabeli dengan berbagai sertifikat untuk memudahkan konsumen memilih jenisnya khususnya tisu makanan. Pilihlah tisu dengan sertifikat keramahan lingkungan dan juga ada sertifikat halal dari MUI.

  1. Jika Perlu, Pilih Jenis Tisu Bervitamin

Ada juga tisu makan yang mengandung vitamin E dan juga Aloe Vera hal ini bertujuan untuk mengurangi iritasi pada kulit. Untuk keamanan yang lebih terjaga para konsumen bisa dianjurkan untuk menggunakan jenis tisu ini.

Kesimpulan

Memilih tisu yang aman untuk makanan tidak boleh disepelekan begitu saja. Jangan sembarangan dalam memilih tisu. Alih-alih membantu menjaga kebersihan saat makan, tisu yang buruk justru bisa memicu berbagai penyakit pada tubuh penggunanya.