Inilah Penyebab Beras Berkutu

0
137

Dalam hal ini, banyak orang yang sudah menemukan kasus, bahwa beras yang dimilikinya memiliki kutu. Seringkaki banyak orang yang bingung akan hal ini, bahkan sebelum beras tersebut disimpan sangat bersih dan tidak ada terlihat kutu sedikitpun. Lalu darimana asal kutu tersebut? apaan penyebab beras berkutu? Berikut adalah beberapa penyebab yang menyebabkan beras menjadi berkutu.

1. Beras di timbun terlalu lama di dalam wadah

Salah satu alasan atau penyebab beras berkutu adalah, kesalahan dalam penempatan yang dimiliki oleh beras. Dalam hal ini, beras tidak boleh untuk di timbun terlalu lama di dalam wadah atau tempat yang tertutup. Hal ini menjadi salah satu alasan beras menjadi mudah berkutu. Anda dapat meletakkannya di tempat yang terbuka untuk beberapa waktu, agar tidak menimbulkan kutu.

2. Keadaan tempat beras yang lembab

Selain dengan keadaan atau tempat beras yang di letakan terlalu rapat dalam waktu yang lama, bahkan bukan hanya rapat namun tertutup. Dalam hal ini, tempat dimana anda meletakkan beras termasuk tempat yang lembab. Hal ini dikarenakan tempat yang tertutup cenderung lembab. Dalam hal ini akan menimbulkan butiran kumbang beras akan muncul dan menetas jadi kutu.

3. Kesalahan dalam penempatan beras

Dengan tempat beras yang ditimbun dalam waktu yang terlalu lama dan terututup, maka akan membuat kutu lahir. Dalam hal ini, hindari untuk meletakkan beras di sembarang tempat, terutama untuk tempat yang lembab. Dalam hal ini, suhu ke lembaban memang cenderung stabil untuk jangka waktu yang lama. Hal ini juga yang akan menghindarkan beras dari lahirnya kutu.

4. Kondisi beras yang tidak higienis

Selain dari lokasi penempatan beras itu sendiri, salah satu hal yang menyebabkan kutu muncul adalah dengan kondisi beras yang dinilai memang tidak higienis. Dalam hal ini, perhatikan bagaimana kondisi beras sebelum anda membelinya. Hal ini bisa saja memang sudah mengalami kondisi kotor dimana munculnya kutu.

5. Tempat yang kotor

Hindari untuk meletakkan tempat beras yang kotor. Anda dapat meletakkannya di wadah yang sedikit terbuka dan anti lembab, untuk memastikan bahwa lahirnya kutu tidak akan terjadi. Hal ini juga akan membuat beras dalam keadaan bagus dalam jangka waktu lama.

Itulah beberapa penyebab beras berkutu, yang masih belum banyak disadari oleh banyak orang. Salah satu hal yang terpenting adalah, hindari meletakkan beras dalam keadaan yang lembab. Hal ini akan memperbesar kemungkinan beras menjadi berkutu.