Manfaat Gudeg untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasan Dokter

0
70

Saat seorang perempuan sedang hamil maka akan sangat penting untuk menjaga asupan gizi yang dan makanan yang dikonsumsi. Sebab hal itu juga merupakan makanan yang ikut dikonsumsi oleh bayi yang  ada dalam kandungan. Salah satu jenis makanan lezat yang sulit ditolak untuk ibu hamil adalah gudeg yang berasal dari nangka muda. Lalu, bagaimana konsumsi gudeg untuk ibu hamil menurut dokter?

5 Manfaat Gudeg untuk Ibu Hamil

Konsumsi gudeg untuk ibu hamil selama ini masih diragukan karena banyak spekulasi yang mengatakan jika ibu hamil tidak baik mengkonsumsi nangka muda. Namun, ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena, justru terdapat manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil dengan konsumsi gudeg. Ini beberapa manfaat konsumsi gudeg menurut dokter:

  1. Kalsium dalam Nangka untuk Kesehatan Tulang

Kalsium yang terdapat dalam nangka muda sebagai bahan utama pembuatan gudeg ini mengandung kalsium yang cukup dan berfungsi menjaga kesehatan tulang. Sehingga ibu serta bayi didalam kandungan akan sangat baik jika mengkonsumsi nangka muda dalam olahan gudeg.

  1. Mencegah Anemia

Didalam olahan gudeg, terdapat zat besi untuk mencegah penyakit anemia. Hal ini menjadi hal yang penting karena jika zat besi terpenuhi, maka anemia atau penyakit kekurangan darah yang berbahaya bagi ibu hamil bisa dihindari.

  1. Kaya Vitamin untuk Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A,B, C dalam gudeg ini mampu membantu memperkuat kekebalan tubuh ibu dan bayi dan menurunkan resiko terjadi infeksi.

  1. Serat untuk Memperlancar Pencernaan

Serat yang tinggi dalam nangka juga mampu untuk meminimalisir terjadinya sembelit yang sering terjadi saat kehamilan. Oleh karena itu, konsumsi gudeg bisa menjadi sarana memperoleh serat yang baik.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Kalium di dalam buah nangka pada sayur Gudeg ini mampu mengontrol tekanan darah serta ikut membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

Kesimpulan

Konsumsi gudeg untuk ibu hamil nyatanya mengandung banyak manfaat. Ini berasal dari buah nangka sebagai bahan dasar pembuatannya. Jadi, jika saat hamil dan ingin mengkonsumsi makanan yang legendari ini boleh-boleh saja asalkan tidak berlebihan. Sebab mengkonsumsi nangka dalam jumlah yang berlebihan pada ibu hamil juga tidak baik. Akan meningkatkan resiko alergi, gangguan pencernaan, pengentalan darah serta meningkatkan kadar gula darah.