Manfaat Kecap untuk Batuk? Ini Penjelasan Dokter

0
120

Sebagai masyarakat Indonesia yang masih dekat dengan hal tradisional, tentunya tidak asing ketika melihat seseorang sedang terkena batuk dan mengobatinya dengan campuran kecap dan juga jeruk nipis. Selain dengan resep dokter, masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan bahan alami untuk mengobati penyakit. Namun, apakah benar jika manfaat kecap untuk batuk itu benar adanya? Berikut merupakan penjelasan dokter selengkapnya.

Fakta Mengenai Manfaat Kecap untuk Batuk

  1. Jeruk nipis dan kecap

Perpaduan keduanya ini sejak dahulu sudah dipercaya untuk mengobati batuk oleh masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya yang mempunyai peran pentingnya adalah jeruk nipis. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis ini sejak dahulu memang sudah sering digunakan untuk obat herbal. Minyak atsiri ini berfungsi untuk melemaskan otot pada saluran pernapasan saat seseorang terserang batuk.

  1. Perpaduan untuk Menghilangkan Serak

Perpaduan jeruk nipis dan kecap ini mampu untuk mengatasi rasa serak dan tenggorokan gatal yang biasanya hadir bersamaan ketika seseorang terkena batuk. Jadi, tidak bisa jika hanya menggunakan kecap saja untuk mengatasi batuk.

  1. Manfaat Kecap

Dalam menyembuhkan batuk peran kecap disini menurut penjelasan dokter sebenarnya hanya untuk menyamarkan rasa asam yang dibawa oleh jeruk nipis. Dan yang berfungsi untuk batuk adalah si jeruk nipisnya. Banyak orang yang salah kaprah dalam menyikapinya sejak lama. Pada dasarnya kecap tidak memiliki manfaat khusus pada batuk.

  1. Meredakan Bukan Menyembuhkan

Larutan warisan yang sudah turun temurun ini sejatinya tidak bisa untuk menyembuhkan batuk, namun lebih kepada meredakan gejala yang dibawa saat batuk itu menyerang seseorang. Seperti tenggorokan gatal, kadang disertai badan yang yang panas, dan suara serak.

  1. Bisa Diganti dengan Madu

Madu sebenarnya bisa mengganti pengganti kecap yang lebih baik. Dengan menggunakan madu, manfaat untuk meredakan batuk akan lebih baik lagi. Karena baik madu dan jeruk nipis memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi batuk.

Kesimpulan

Ternyata, kecap bukan merupakan hal utama yang dapat meredakan gejala batuk yang sedang diderita oleh seseorang. Kunci obat tradisional ini justru berada pada jeruk nipis. Manfaat kecap untuk batuk, baru akan terasa jika memang ditambahkan jeruk nipis pada larutan obatnya. Jadi, tidak bisa jika hanya mengandalkan kecap untuk meredakan batuk.