Nama-Nama Kopi Khas Indonesia

0
37

Sebagai salah satu negara yang kaya akan sumber daya alamnya, saat ini Indonesia telah mampu untuk menemukan potensi terbaik dari negaranya. Saat ini sumber daya alam yang khas sudah banyak ditemukan, salah satunya adalah beragam jenis kopi khas Indonesia, yang pastinya berbeda dari jenis kopi lainnya dengan aroma dan rasa yang khas setelah diolah dengan sempurna.

Tanaman kopi yang tumbuh di Indonesia, akan berbeda-beda pada beberapa daerah yang memiliki potensi untuk menghasilkan tubuhan kopi terbaik. Jika kopi ini berasal dari berbagai daerah yang berbeda, maka hal ini dapat membantu Indonesia untuk memberikan beragam jenis kopi, yang mampu dikenalkan pada masyarakat dunia akan kualitas terbaiknya, berikut beberapa jenis kopi yang berasal dari Indonesia.

Berbagai Jenis Kopi Khas Indonesia

1. Kopi gayo

Banyak dari kopi yang berasal dari Indonesia, memiliki cara penyeduhan tersendiri dan juga dengan rasa yang berbeda-beda. Untuk kopi yang satu ini berasal dari daerah sumatera sebagai bagian paling barat Indonesia, Aceh adalah salah satu daerah di Sumatera yang membuat kopi ini terasa berbeda dari kopi lainnya, terutama dengan tingkat keasamannya yang cukup tinggi ketika sudah diseduh.

Bukan karena tingkat keasamannya yang tinggi kopi ini tidak nyaman untuk diminum, anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara, agar mampu menetralisir tingkat keasaman dari kopi ini. Perlu untuk anda ketahui jika kopi ini tidak memiliki tingkat kepekatan yang tinggi, cocok untuk anda yang tidak ingin meminum kopi dengan tingkat kekuatan kopi yang tinggi, sehingga aman untuk kesehatan lambung anda.

2. Kopi luwak

Tidak ada di negara lain kopi luwak memang merupakan lopi khas dari Indonesia, dimulai dari proses mendapatkan biji kopi yang berbeda dari kopi lainnya. Bahkan untuk mendapatkan kopi ini membutuhkan proses yang cukup lama, dihasilkan dari kotoran luwak sebagai salah satu hewan yang memakan biji kopi, sebagai makanan utama kemudian biji kopi yang nantinya dicerna oleh luwak berubah menjadi kotoran.

Kotoran inilah yang mampu menghasilkan kopi, sehingga membuat ciri khas tersendiri bahkan berbeda dari beberapa jenis kopi pada umumnya, yang langsung diambil dari pohon kopi saat itu juga. Setelah menjadi kotoran dari luwak, kopi ini akan digiling dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan khas dari kopi luwak yang aman untuk diminum, terutama untuk kesehatan lambung anda.

3. Kopi robusta Toraja

Seperti yang telah lama diketahui bahwa ada beberapa negara penghasil kopi robusta, beberapa diantaranya adalah negara Jepang dan Amerika. Dimana setiap kopi robusta memiliki karakteristik yang unik, bagi siapapun sebagai salah satu minuman yang wajib, bagi beberapa orang yang tinggal di negara bagian barat, salah satu khasnya adalah rasa pahit yang tidak ditingkalkan ketika diminum.

Untuk kopi robusta yang ada di Indonesia, kopi Toraja merupakan salah satu jenis robusta yang memiliki khas sama seperti pada umumnya. Untuk khas dari Toraja itu sendiri biasanya memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi karena rasa pahitnya yang juga kuat ketika awal diminum, ciri khas dari kopi Toraja salah satunya adalah rasanya yang earthy atau rasa tanah dan aroma hutan yang dihasilkan.

4. Kopi bali kintamani

Salah satu keunikan terdapat pada kopi asal Bali yang satu ini, kopi kintamani bahkan telah dikenal sampai ke luar Indonesia dan dipasarkan di beberapa market internasional. Hal ini didapat karena banyaknya turis asing yang masuk ke Indonesia terutama Bali, dimana kebanyakan dari para turis akan mencoba meminum kopi khas bali ini, kemudian membawanya ke kampung halaman lalu membuatnya semakin terkenal.

Rasa juicy yang khas dari kopi ini, berasal dari proses penanamanya yang berdekatan dengan beberapa tanaman buah lain seperti jeruk. Kopi ini cocok untuk anda yang saat ini menginginkan kopi dengan body yang medium, sehingga tidak terlalu pahit saat diminum dengan tingkat kepekatan kopi yang rendah, bahkan rasa manis dan aroma buah dapat tercium ketika anda meminum kopi yang satu ini.

5. Kopi arabica flores

Kopi yang berasal dari daerah Flores sebagai salah satu bagian timur Indonesia, kopi ini cukup terkenal karena rasanya yang khas. Untuk saat ini negara barat seperti Eropa dan Amerika, menjadi incaran expor sebagai kopi yang khas dengan kepekatan yang kental tetapi keasamannya rendah, untuk rasa kopi ini dominan memiliki rasa cokelat dan vanili, sehingga menghasilkan rasa after taste yang lebih nutty.

6. Kopi robusta temanggung

Tidak semua kopi memiliki rasa dan aroma yang unik, berbeda dengan kopi dari Indonesia yang memiliki rasa unik serta aroma yang khas. Kopi dari Temanggung ini memiliki rasa yang sangat pahit, sehingga cocok untuk dinikmati oleh anda sebagai pecinta kopi pahit, terutama dengan aroma tembakaunya yang mendominasi.

Untuk beberapa jenis kopi diatas, anda dapat menemukannya di beberapa lokasi supermarket terdekat, dimana banyak dari toko tersebut yang menjual beragam kopi khas Indonesia. Sehingga anda tidak perlu lagi untuk datang jauh ke lokasi dimana biji kopi dibuat, bahkan anda dapat menikmati semua jenis kopi ini dengan membelinya secara langsung, terutama setelah anda mengetahui karakteristiknya diatas.