Perbedaan Krimer dengan Susu, Memangnya Beda Ya?

0
650

Di tengah masyarakat, banyak beredar susu dan krimer. Keduanya bisa dibilang cukup mirip, terlebih sama-sama kentalnya. Karena itu, banyak masyarakat yang mengira keduanya adalah sama. Padahal sesungguhnya ada perbedaan krimer dan susu yang belum begitu dipahami. Sehingga, penggunaannya pun sering disamakan meski sebenarnya keduanya berbeda.

Pengertian Krimer

Hal utama yang harus dipahami sebelum membahasa perbedaan antara krimer dan susu adalah pengertian masing-masing. Krimer merupakan suatu produk khusus pengganti susu ataupun krim yang menjadi produk emulsi lemak yang terdapat di dalam air.

Produk satu ini dibuat dari minyak nabati yang kemudian mengalami proses dihidrogenasi disertai dengan penambahan bahan tambahan yang lain yang diperbolehkan. Adapun pengertian dari krimer kental manis adalah suatu produk menyerupai susu yang terbuat dari nabati. Dan ada kalanya produk ini diberi tambahan susu dengan kadar yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan susu.

Pengertian Susu

Setelah mengetahui apa itu krimer, berikutnya tidak kalah penting untuk mengetahui pengertian susu. Susu sendiri merupakan sebuah cairan putih yang bergizi dan dihasilkan oleh suatu kelenjar susu mamalia. Di dalam susu sendiri terdapat kandungan nutrisi yang sangat penting, mulai dari protein, kalsium, magnesium, zinc, fosfor dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa di dalam susu juga terdapat kandungan lemak serta mineral. Berbicara mengenai produk susu, di tengah masyarakat banyak dikenal yang namanya susu kental manis. Susu kental manis merupakan produk susu sapi yang dihilangkan airnya kemudian ditambahkan dengan gula.

Proses tersebut akhirnya menghasilkan susu yang rasanya sangat manis dan dapat awet selama bertahun-tahun apabila produk kemasannya tidak dibuka.

Perbedaan Krimer dengan Susu 

Setelah mengetahui definisi dari krimer dan susu, maka pada ulasan berikutnya akan dibahas tentang perbedaan antara krimer kental manis dan susu kental manis. Karena meskipun keduanya sekilas terlihat sama, namun sesungguhnya memiliki perbedaan dari beberapa segi. Berikut rincian perbedaan antara krimer kental manis dan juga susu kental manis.

1. Perbedaan Dari Segi Kadar Susu

Susu kental manis memiliki kadar susu yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan krimer kental manis. Sementara pada krimer kental manis, kandungan susunya bisa dibilang relatif rendah. Bahkan, ada yang berpendapat bahwa krimer kental manis tidak mengandung susu. Sehingga, di dalamnya terkenal tidak memiliki kandungan Laktosa.

2. Perbedaan Dari Segi Harga

Perbedaan antara susu kental manis dengan krimer kental manis yang selanjutnya adalah dari segi harga. Dari segi harga, susu kental manis relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan krimer kental manis. Krimer kental manis bisa dibilang 25% lebih murah apabila dibandingkan dengan susu kental manis.

3. Perbedaan Dari Segi Komposisi

Adapun perbedaan lain antara susu kental manis dengan krimer kental manis adalah dari segi komposisi. Susu kental manis terbuat dari beberapa bahan utama seperti susu sapi, gula dan juga air. Sementara kadar lemak susunya tidak kurang dari jumlah 8% dan kadar protein yang tidak kurang dari jumlah 6,5%. Hal ini tentu berbeda dengan krimer kental manis.

Untuk susu kental manis sendiri ada kalanya diberi tambahan aneka lemak susu, vitamin, mineral, butter milk, latosa dan lain sebagainya. Sementara komposisi pada krimer kental manis adalah lebih kepada lemak nabati, gula dan susu. Perbedaan dari segi komposisi atau bahan ini tentu juga berdampak pada kandungan gizi dan manfaatnya bagi tubuh manusia.

4. Perbedaan Dari Segi Kegunaan

Meskipun keduanya tampak sama-sama seperti produk susu, ternyata antara susu kental manis dengan krimer kental manis juga bisa dibedakan penggunaannya. Krimer kental manis ternyata bisa dijadikan sebagai pengganti santan. Sedangkan tidak pada susu kental manis. Faktornya adalah karena krimer kental manis terdapat kandunga nabati yang memiliki kandungan serat.

Krimer kental manis ini bisa digunakan untuk seseorang yang alergi susu. Kandungan protein dalam krimer kental manis ini terkenal lebih rendah. Adapun kegunaan dari susu kental manis sendiri lebih beragam, misalnya untuk pembuatan martabak kue, es sekoteng, es teller, puding dan masih banyak lagi yang lainnya. Khususnya untuk aneka makanan yang manis-manis.

Beberapa jenis minuman seperti teh tarik, kopi susu juga kerap diberi tambahan susu kental manis sebagai pengganti gula dan penambah rasa gurih. Dan selain beberapa perbedaan yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi beberapa perbedaan antara susu kental manis dan krimer kental manis yang banyak beredar di pasaran.

Krimer dan susu ternyata jelas memiliki perbedaan. Sehingga, Anda harus benar-benar selektif dalam memilih bahan. Kesalahan dalam membedakan antara keduanya bisa berdampak pada makanan dan lain sebagainya yang dioleh. Seperti pemilihan produk Nestle camation yang memiliki fungsi dan kandungan bahan tersendiri.