Perbedaan Tepung Sagu dan Tapioka, Jangan Terkecoh!

0
951

Banyak orang yang merasa kebingungan dalam membedakan mana yang tepung sagu dan mana yang tepung tapioka. Padahal sebenarnya perbedaan tepung sagu dan tapioka sangat jelas. Namun, banyak orang yang masih belum memahami perbedaan tersebut sehingga kerap salah paham. Maka, memahami perbedaan keduanya sangat pentinga agar seseorang tidak salah dalam menggunakan tepung.

Perbedaan Tepung Sagu dan Tapioka

Antara tepung sagu dan tapioka terdapat beberapa perbedaan mendasar. Baik itu dari segi bahan, warna dan beberapa perbedaan yang lainnya. Sehingga, dengan memahami apa saja perbedaannya, maka Anda tidak akan terkecoh dan dapat membedakannya secara langsung. Berikut adalah perbedaan tersebut.

1. Perbedaan Dari Segi Bahan

Perbedaan antara tepung sagu dan juga tepung tapioka yang pertama adalah dari segi bahan. Bahan untuk membuat tepung tapioka adalah dari singkong. Sementara bahan yang digunakan untuk membuat tepung sagu adalah pohon sagu. Sehingga, dari sini sudah dapat dipastikan bahwa dari bahannya saja sudah berbeda.

2. Perbedaan Proses Pembuatan

Perbedaan yang kedua dapat dilihat dari proses pembuatannya. Pohon sagu yang dipakai untuk membuat tepung sagu terbuat dari proses pengeringan dan juga endapan tengah pohon sagu asli. Sebelumnya, bahan-bahan tersebut sudah dihaluskan dan kemudian dicampur dengan air. Sementara proses untuk membuat tepung tapioka adalah dari proses pengeringan pati singkong.

3. Perbedaan dari Sisi Tekstur

Selain kedua letak perbedaan di atas, antara tepung sagu dan tepung tapioka juga berbeda dari segi teksturnya. Tekstur yang dimiliki oleh tepung sagu cenderung kesat dan garing. Adapun warna pada tepung ini adalah putih susu. Sementara untuk tepung tapioka, teksturnya cenderung agak licin dan warnanya benar-benar terlihat putih dan bersih.

4. Perbedaan dari Sisi Harga

Adapun perbedaan selanjutnya dari kedua tepung ini adalah perbedaan dari segi harga. Kedua tepung ini memiliki harga yang berbeda di pasaran. Jika dibandingkan dengan tepung tapioka atau kanji, tepung sagu memang relatif lebih mahal. Salah satu faktornya adalah karena tepung tapioka lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan tepung sagu. Sehingga, ia terkesan lebih ekonomis.

Manfaat dan Kegunaan Tepung Sagu

Antara tepung sagu dan tepung tapioka ternyata memiliki manfaat dan kegunaan yang berbeda. Sehingga, Anda harus memastikan akan memasak apa terlebih dahulu baru dapat menentukan apakah menggunakan tepung sagu atau tepung tapioka. Dan berikut ini adalah beberapa kegunaan tepung sagu yang umum digunakan untuk masakan.

1. Membuat Pempek

Manfaat atau kegunaan pertama dari tepung sagu adalah untuk membuat pempek. Pempek merupakan makanan yang khas dan cukup populer saat ini. Menggunakan tepung sagu untuk membuat pempek akan menjadikan hasil olahannya semakin kenyal dan empuk.

2. Sebagai Bahan Pembuatan Bakso

Adapun manfaat kedua dari tepung sagu adalah untuk membuat bakso. Bakso merupakan jenis makanan yang sangat digemari di Indonesia. Makanan ini hampir ada di setiap daerah. Bakso yang terbuat dari bahan sagu juga memiliki cita rasa yang sangat lezat dan enak.

3. Untuk Membuat Kue Sagu Keju

Tidak hanya itu, kegunaan dari tepung ini yang berikutnya adalah untuk membuat kue sagu keju. Kue ini sangat enak dan cukup digemari. Terdiri dari bahan sagu yang dicampur dengan keju nan lezat.

4. Membuat Selendang Mayang

Manfaat selanjutnya dari tepung sagu untuk masakan adalah membuat selendang mayang. Ini menjadi salah satu makanan khas yang cukup banyak digemari masyarakat.

Manfaat dan Kegunaan Tepung Tapioka

Kegunaan tepung tapioka berbeda dengan tepung sagu di atas. Sehingga, sesuaikan jenis masakannya dengan tepung ini agar hasilnya semakin maksimal. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari tepung tapioka yang wajib Anda ketahui.

1. Membuat Cireng

Manfaat pertaam dari tepung tapioka adalah untuk membuat cireng. Cireng adalah jenis makanan yang saat ini cukup banyak dijual di pasaran. Dilengkapi dengan aneka bumbu yang lezat dan beragam rasa.

2. Membuat Kerupuk

Kegunaan selanjutnya dari tepung ini adalah untuk pembuatan kerupuk. Kerupuk yang dibuat dengan bahan ini akan sangat renyah dan enak.

3. Membuat Ronde

Ternyata, tepung tapioka juga kerap digunakan untuk membuat ronde. Ronde adalah makanan khas yang memiliki rasa manis.

4. Membuat Rempeyek

Adapun kegunaan berikutnya dari tepung tapioka adalah untuk membuat rempeyek. Rempeyek adalah makanan khas yang renyah dan gurih.

5. Membuat Beragam Kue Basah, Membuat Bakso dan Mengentalkan Tumis

Selain beberapa manfaat di atas, tepung ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka kue basah, bakso dan juga membantu mengentalkan tumis.

Antara tepung sagu dan juga tepung tapioka, kedua bahan ini sama-sama dapat memberikan tekstur yang kenyal bagi jenis makanan yang basah. Di samping itu, juga memberikan tekstur yang renyah untuk makanan kering. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Sehingga, aplikasi dalam makanan pun juga berbeda.