Tips Memilih Sayuran Segar

0
34

Membeli sayuran yang segar untuk di konsumsi memang sangat penting. Karena sayuran yang berkualitas tentu akan memberi dampak positif bagi kesehatan. Tapi sayang sekali, sebab masih banyak orang yang belum bisa membedakan bagaimana ciri sayuran segar dan tidak. Disini, akan dibahas secara lengkap mengenai tips memilih sayuran segar yang bisa dijadikan panduan.

Tips Memilih Sayuran yang Segar

Memilih sayuran daun-daunan segar ini merupakan yang paling mudah. Karena dapat dikenali dari warnanya. Tapi bagaimana dengan buah dan umbi yang tidak terlihat daging bagian dalamnya? Jangan sampai Anda salah membeli karena tidak bisa memilihnya. Di bawah ini adalah cara memilih sayuran segar dan bergizi yang harus diketahui.

  • Perhatikan warna sayuran

Salah satu cara memilih sayur segar adalah dengan memperhatikan warnanya. Sayuran fresh umumnya memiliki warna cerah. Karena jika sudah berubah warna, maka jelas tidak segar lagi dan not worth untuk di konsumsi. Selain itu, perhatikan apakah ada bercak atau tidak. Khususnya pada jenis sayuran seperti bunga kol, brokoli, dan lainnya.

  • Sayuran tidak layu atau keriput

Pada sayuran berdaun, bentuk layu adalah tanda paling jelas kalau sayuran sudah tidak segar lagi. Sedangkan pada sayuran buah dan umbi, dapat diperhatikan dari tekstur kulit apakah ada keriput atau tidak. Kalau ada keriputnya, maka isinya sudah tidak bagus lagi. Meskipun masih bisa di konsumsi, tapi kandungan gizinya telah berkurang.

  • Tidak lembek dan berbau

Pada sayuran umbi maupun buah, tekstur lembek dan mengeluarkan aroma tidak sedap adalah ciri kalau sayuran tersebut sudah rusak pada bagian dalam. Dengan kata lain, busuk. Meskipun begitu, sebelum membeli sebaiknya pilihlah yang bentuknya paling bagus. Tidak ada bercak, bolong, goresan, dan sebagainya.

Tips memilih sayuran segar di atas dapat diterapkan saat berbelanja di pasar tradisional, atau swalayan. Supaya sayuran yang sudah dibeli lebih awet serta tahan lama maka bisa disimpan di dalam lemari es. Menyimpan sayur di dalam kulkas juga akan menjadikan sayuran tidak basi. Jadi, masih bisa di konsumsi lagi di lain waktu. Tentunya ini menjadi suatu keuntungan tersendiri.